Yudistira Syuman

ARYA YUDISTIRA SYUMAN

(Artistic Director & Koreografer)

 

Yudistira Sjuman belajar menari Jawa dibawah bimbingan Djoko Sukosadono pada usia 10 tahun. Kemudian di usia 15 tahun ia mulai belajar menari balet dibawah bimbingan Ibu Farida Oetoyo dan Iko Sidharta dan tampil menari dalam koreografi Farida Oetoyo dan Yanti Jayusman.

Semasa sekolah Yudi menunjukkan minat yang lebih serius terhadap dunia tari dengan beberapa kali mengikuti Summer Course di kota Koeln, Jerman Barat dan mengikuti kursus tari Jazz dengan Bruce Taylor dan Marla Bingham. Setelah lulus ia pun melanjutkan di Folkwang Hochschule, Essen, Jerman dimana ia mempelajari folklore dan flamenco dari Juan Alarcon, menjadi murid dari Bojan Jotov, Brian Bertscher dan Agnes Palai untuk tari ballet klasik, serta Malou Airoudo, Dominique Mercy, Lutz Foerster, Jean Cebron, Hans Zuellig dan Vivien Bridson untuk tarian kontemporer / modern.

Karya pertama Yudi semasa di Folkwang Hochschule merupakan sebuah koreografi berjudul “Lullabye” yang dilanjutkan dengan “Bulan”. Ia tampil menarikan sejumlah karya seperti koreografi Boi G. Sakti di Indonesia, koreografi Roberto Graiff di Padova – Italia, serta selama di Jerman menarikan karya Olympia Scardi, Stefan Brinkmann, Urs Dietrich dan Susanne Linke.

Setelah menyelesaikan studinya Yudi bergabung dengan company Folkwang Tanz Studio dan menari dengan koreografer Urs Dietrich, Rainer Behr, Raffaella Giordano dan Mark Sieczkarek dan tur ke negara-negara Perancis, Italia, Swiss, Austria Dan Rusia. Ia pun sempat berpartisipasi dalam pembuatan film pendek bersama Irene Stage di Kopenhagen, Denmark.

Pada tahun 1995, Yudi kembali ke Jakarta dan bersama Ibu Farida Oetoyo mendirikan Kreativitaet Dance Indonesia dan secara konsisten menghasilkan karya tarian seperti Resah, Miauw, Mariah dan Anto, Let It Be Me, Cerita dari Dunia Maya, Woman, Bagai Seruling Bambu yang Akan Engkau Isi dengan Musik, Andai, Like a Big Strong Tree, Sketsa Maya, Mimpi, Pada Sebuah Malam, Memorabilia, Belaian dan seterusnya sampai sekarang.

Yudi menjabat sebagai anggota komite tari Dewan Kesenian Jakarta untuk periode 2010, dan saat ini aktif sebagai Artistic Director, pengajar serta koreografer  di Ballet Sumber Cipta dan Kreativitat Dance Indonesia.

Advertisements